Friday 5 September 2014

Tabalong

Sekitar tiga bulan yang lalu, tepatnya di pertengahan bulan Mei. Gue mengikuti sebuah ajang pemilihan duta pariwisata. 

Yang kalo disini namanya "Utuh-diyang tanjung" tahun 2014.

Dan entah kenapa, gue menang.
Iya serius. Gue menang :|
Padahal gue ngga nyogok juri loh :|
Cuman nyogok panitia :| #heh

Ah, ngga deng. Becanda.
Tapi gue serius menang loh :|
Suer :|

Ya, itulah pokoknya.
Oke. Kembali ke topik.
Nah, sebagai duta wisata yang baik. So, di post kali ini gue akan bahas segala tentaaang:
TABALONG

*terdengar tepuk tangan dari kejauhan*

Oke. Tabalong adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi kalimantan selatan. Tanjung yang gue sebutin di atas tadi Ibukota kabupatennya Tabalong. Ya gitu lah.

Nah, kalo letak geografis. Tabalong terletak di sudut paling utara provinsi KalSel. 
Jaraknya dari Banjarmasin?
242 km bro. 6 jam.

Kebayang kan betapa "orang kampung"-nya gue?

Oke lanjut.
Tabalong sendiri berbatasan langsung sama provinsi KalTeng dan KalTim. Jadi kalo mau ke KalSel, KalTim, atau KalTeng, kudu lewat Tabalong. Keren kan? Yo'i.

Oke. Lanjut ke Daya tarik wisata-nya.

Tabalong punya Daya tarik wisata yang lengkap. Dari Alam, Buatan, sampe Religi.
Udah pada ngerti kan apa wisata Alam, Buatan, sama Religi?
Oke, jadi gue skip penjelasannya. #NukaCariEnak

So, langsung aja, ini dia wisata menarik yang ada di Tabalong. Cekidot~

1. Riam Kin Arum
Sumber: http://anuy17.blogspot.co.id/2013/05/menikmati-riak-air-riam-kinarum.html

Yang pertama ada Riam Kin Arum. Kenapa namanya Kin Arum? Karena letaknya di desa Kin Arum.
Yo'i, gitu doang :|
Jadi riam Kin Arum ini sejenis sungai, yang banyak batu gedenya gitu.
Ceritanya sih, dulu tuh batu diangkut sama kesatria yang pengen ngebendung air, buat nyari putri yang hilang di Kin Arum. Iya :|
Kin Arum ini airnya bersih, sejuk pula. Maklum letaknya di daerah pegunungan + hutan, jadi suasanya masih alami gitu.

Jarak dari pusat kota sekitar 45 km. Lumayan deket kok .___.


2. Danau Tanjung Puri
http://www.borneonews.co.id/berita/14269-pemkab-ingin-jadikan-tanjung-puri-objek-wisata-primadona

Yang kedua. Ada Danau Tanjung Puri.
Sebenernya Tanjung puri ini cuman danau sih.
Tapi yang kerennya, danau ini lengkap fasilitasnya.
Dari restoran, tempat peristirahatan di atas danau, ada kebun binatang mini, wahana permainan air, sampe lokasi perkemahan. Lengkap pokoknya.
Cuman kurang mall, bioskop, sama hotel aja kok :| #yaiyalah
Jaraknya sekitar 16 km dari kota. Ini beneran deket .___.


3. Air Terjun Lano
http://visittabalong.blogspot.co.id/2014/01/air-terjun-lano-kabupaten-tabalong.html

Air terjun Lano ini adalah air, yang terjun dari atas. Iya gitu kan :|
Oke serius.
Air terjun lano ini keren bro. Tingginya hampir 40 M.
Tinggi banget kan?
23 kali tinggi gue bro. Epic.
(Oke ini ngga penting)
Selain tinggi, di air terjun lano ini banyak batu cadas yang warnanya keperakan gitu. Keren lah.
Tapi sayangnya, karna letaknya termasuk jauh dari pemukiman, dan jauh dari kota (sekitar 68 km dari pusat kota).
Jadinya Objek wisata ini jadi sepi deh :(

                     

Karna Geografis sama Pariwisata udah. Sekarang lanjut ke Kuliner~
Sebenernya kuliner khas Tabalong banyak.

Tapi Makanan khas yang paling terkenal di tabalong itu ada Paliat.

Apa itu Paliat?

Paliat diambil dari kata Kelapa, sama Liat(kental).
So, Paliat artinya Sari kelapa yang kental(atau biasa disebut santen).
Tapi bukan berarti Paliat itu santen doang :|
Paliat biasanya dibikin dari ikan segar(biasanya Patin, atau Udang) + santen + bumbu khas + limau kuit.
http://log.viva.co.id/news/read/687287-paliat--kuliner-nikmat-khas-tabalong

Nah, yang kerennya dari paliat adalah.
Walau bahan dasarnya santen sama patin/udang yang notabenenya 'Kolesterol tinggi'.
Tapi paliat sama sekali non-kolesterol.
Kenapa? Soalnya udah dinetralin sama bumbu kuning(kunyit) dan limau kuit tadi.
Jadinya, paliat 100% menyehatkan.
Keren kan?
Yo'i.

So, segitu dulu deh post kali ini.
Kalo gue bahas semua tentang Tabalong. Ngga akan pernah ada habisnya.
Mending langsung aja mampir kesini. Yo'i :))
Oiya. Kalo kalian mampir ke Tabalong. Hubungin gue aja. Gue siap kok jadi Tour Guide kalian selama di Tabalong. #beuh #asek
Sama satu lagi. Tanggal 18 September nanti, insha allah gue akan lanjut ke Pemilihan Nanang-Galuh Kal-Sel 2014.
Doain menang yaaa.
Muucih cemuanaa ~( ' - ' ~)(~ ' - ' )~

Bagikan

Jangan lewatkan

Tabalong
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 comments

Tulis comments
avatar
23 September 2014 at 07:11

pertamaxx komenn... :D

post yg ini keren juga nuk...

saluuutt deh...

Reply
avatar
21 July 2015 at 23:41

Kontennya udah bagus nih, coba dikasih picture bakalan lebih baik kok. Tapi jangan lupa, kalo bukan pic sendiri dikasih sumber. Ok!

Keep blogging!

Reply
avatar
1 May 2016 at 16:22

Awalnya saya pikir Tabalong itu apa, ternyata nama daerah toh.

Reply
avatar
1 May 2016 at 20:51

melalui postingan ini saya jadi tahu tentang tabalong itu apa, keep blogging :)

Reply

Jangan lupa ngomen ya, tapi ngomennya jangan di lampu merah, entar di Razia SatPol PP. Ciao!