Monday 24 October 2016

Rockabye, Lagu Hitz Tentang Perjuangan Ibu

Senin, 24-10-16, seperti biasa, gue yang kebetulan libur dan ngga ada kerjaan, diminta ngisi siaran dari jam 11 pagi sampe jam 1 siang. Gue yang saat itu cuman guling-guling di kamar, langsung nge-iyain sambil berencana buat ngecekin lagu-lagu baru apa aja yang baru launching dan masuk di dBs FM.

Setelah nyampe dan ngemarkir elang gue di studio, gue yang penasaran langsung ngebuka playlist lagu barunya, dan muncullah beberapa nama-nama besar kaya MØ, The weeknd, eminem, macklemore, dll. Gue langsung sumringah, ngeliat nama mereka gue yakin pasti pada rame semua.

Nah, setelah gue coba dengerin satu-satu, entah kenapa ada satu single yang bikin gue langsung terngiang-ngiang, seolah lagu tersebut terus-menerus berputar di kepala gue, dan bikin gue humming-humming gaje sampe gue pulang.

Itu adalah single keduanya Clean Bandit yang bekerjasama dengan Sean Paul & Anne Marie, Rockabye.


Gue yakin, hal pertama yang kita pikirin setelah liat judul dan denger potongan lagu tersebut, kita bakalan ngira Clean Bandit nyeritain gimana musiknya yang bergenre EDM, nge-bye jenis-jenis musik lain kaya musik Rock(Rock-bye), makanya kenapa nama singlenya Rockabye.

Tapi, setelah kalian cermatin dengan baik lirik dari lagu tersebut, kalian bakal kaget setengah mati. Kenapa? Soalnya, makna lagu tersebut sangat bertolak belakang dari apa yang kita pikirin. Lagu tersebut justru menceritakan tentang perjuangan dan kasih sayang seorang Ibu (single parent) yang rela bekerja di dunia malam hanya untuk membesarkan dan merawat anaknya.

Ngga nyangka, kan?

Oke, gue bakal bahas beberapa part yang menurut gue ngena banget.
She works the night, by the water
She's gonna stress, so far away
From her father's daughter
She just wants a life for her baby
All on her own, no one will come
She's got to save him (daily struggle)
Di bagian ini, mereka nyeritain gimana sang ibu berjuang, kerja sampe malam meskipun berat, untuk menghidupi sang anak. Semua beban ia tanggung sendiri, karna belum tentu ada orang lain bakal datang untuk membantu. Yang dia mau cuman satu, kehidupan anaknya, keselamatan anaknya.
She tells him "uh love, no one's ever gonna hurt you, love. I'm gonna give you all of my love, nobody matters like you"
She tells him "your life ain't gonna be nothing like my life. You're gonna grow and have a good life. I'm gonna do what I've got to do"
Di sini, sang ibu seolah menenangkan anaknya, dia bilang bahwa ngga bakal ada yang bisa melukai sang anak, dan ibu bakal ngasih semua yang ibu bisa, karena ngga ada hal yang lebih penting dari sang anak.
Sang ibu juga bilang, dia bakal menjamin hidup sang anak ngga bakal sehancur hdiupnya, karna sang anak bakal tumbuh dan punya hidup yang lebih baik, dan sang ibu bakal ngelakuin apapun agar semua itu terjadi.

Single mama you doing out there
Facing the hard life, without no fear
Just so you know that you really care
Cause any obstacle come you’re well prepared
And no mama, you never set tear
Meskipun sang ibu berjuang sendirian menghadapi hidup keras, tapi ia tetap berjuang tanpa rasa takut. Karena dia begitu peduli, dan selalu siap dalam menghadapi rintangan apapun yang bakal dia hadapi tanpa sedikitpun menunjukan ketakutan ataupun kesedihan.
So, Rockabye baby, Rockabye
I'm gonna rock you
Rockabye baby, don't you cry
Somebody's got you
Part ini, gue lebih nangkep ke arah semangat sang ibu buat ngedukung sang anak agar tetep berjuang hidup, agar tetep tegar, dan ngga menyerah, karena sang ibu ada dan selalu berusaha buat ngedukung dan ngejaganya.

Intinya sih, apa yang gue tangkep dari keseluruhan lagunya, lagu ini menggambarkan gimana perjuangan ibu dalam menjaga anaknya (dalam konteks ini, khususnya single parent yang kerja malam). Gimana perjuangan ibu untuk menjamin kehidupan anaknya agar sang anak punya kehidupan yang lebih baik. Gimana besarnya rasa sayang ibu kepada sang anak, bahkan meskipun harus melewati rintangan dan cobaan yang berat. Karena sang ibu percaya, sang anak pasti bisa terus hidup tegar, dan melewati penderitaannya bersama.


Dan, ngga jauh beda dari lagu tersebut. Semua ibu di dunia pasti selalu berusaha buat ngejaga anaknya. Selalu berusaha buat memberikan yang terbaik buat anaknya. Selalu mau berkorban, dan berharap agar kehidupan anaknya kelak lebih baik. Dan sudah seharusnya juga, kita para anak bisa sadar, dan menghargai usaha yang beliau buat untuk kita.

Meskipun mungkin banyak diantara kita, (termasuk gue) yang bukan tipe anak yang bisa "menunjukan perasaan" langsung ke orang tua. Tapi bukan berarti kita ngga bisa menunjukkan kasih sayang. Kita bisa membalas kebaikan beliau, dengan tunjukkan kepada beliau bahwa kita bisa berjuang mandiri, kita bisa berkarya, dan kita bisa berprestasi.

So, itu tadi review gue tentang lagunya Clean Bandit ft Sean Paul & Anne Marie - Rockabye. Semua review diatas murni pendapat gue, jadi kalo ada kesalahan pengartian ataupun pemahaman, gue mohon maaf sebesar-besarnya.
Semoga, dari lagu diatas kita semua bisa lebih menghargai pengorbanan ibu kita dan selalu ngejaga perasaan beliau.

Ciao!

Bagikan

Jangan lewatkan

Rockabye, Lagu Hitz Tentang Perjuangan Ibu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

12 comments

Tulis comments
avatar
24 October 2016 at 08:22

Luar biasa langsung publish hari ini jua :v #oot

Reply
avatar
25 October 2016 at 02:54

Gw udah dengerin lagunya di youtube. Bagusssss....

Reply
avatar
2 December 2016 at 04:28

kece deh kakak, langsung ngerti aku. soalnya, kalo cuman baca translate doang nggak ngerti. wkwkkw btw, tengkyu kak...

Reply
avatar
Anonymous
18 February 2017 at 23:33

Tapi bagian she's gonna stress from her father's daughter maksudnya apa ya?

Reply
avatar
Anonymous
4 March 2017 at 22:35

pertama kali denger lagunya di cover sama toby randall langsung bergelimangan air mata :'(

Reply
avatar
10 March 2017 at 17:57

Ternyata ini lagu tentang perjuangan seorang ibu... kata gua lagu rock, nah pas gua bilang begitu, mengapa rockabye? Rock= lagu keras bye=selamat tinggal nah, itu doang yg gua bingung :v

Reply
avatar
Anonymous
11 March 2017 at 14:57

rockabye itu semacam nge'nina boboin' anak. sebutannya gitulah. cmiiw.

Reply
avatar
9 April 2017 at 22:13

Keren kak,lagunya rancak asik bgt,tp ternyata maknanya sangat mendalam,sedih....

Reply
avatar
10 April 2017 at 20:30 This comment has been removed by the author.
avatar
19 September 2017 at 21:13

kena banget lagu nya dari artinya ada udah ketahuan kok , bahwa pengorbanan ibu sungguh luar biasa

Reply

Jangan lupa ngomen ya, tapi ngomennya jangan di lampu merah, entar di Razia SatPol PP. Ciao!