Monday 20 June 2016

Derita Ramadhan Mahasiswa

Buat kalian yang nungguin postingan gue yang ilang selama 3 minggu. Rasain! Begitulah sakitnya dikasih harapan, disuruh nunggu, tapi ternyata yang ditunggu ngga peduli! #eh

Hahahaha, ngga deng becanda. Sorry gaes, selama tiga minggu ke belakang gue disibukkan sama final test yang membunuh, ditambah sakit hati yang menyiksa. Dan parahnya, semua itu gue hadapin di bulan puasa, dan sendirian.

Kenapa sendirian? Seperti yang kalian tau, di ramadhan kali ini status gue udah berubah. Bukan, bukan berubah dari Jomblo jadi 'In relationship with..'. Yang itu mah tetep.
Itu, status gue udah berubah, dari seorang siswa, jadi mahasiswa (rantauan).

Dan meskipun bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu sama seluruh umat muslim di dunia, tapi bulan puasa juga merupakan bulan yang paling ngga enak bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di negeri orang dan ngga bisa pulang (Baik itu karena masih menjalani perkuliahan, masih punya tanggung jawab kerjaan, atau emang ngga bisa pulang karena jarak yang terlalu jauh) 


Bulan ramadhan yang identik dengan kebersamaan dan kekeluargaannya, terasa agak sepi dan hambar karena harus dilalui sendiri.
Gimana ngga, yang dulunya terbiasa dibangunin sama bokap, sekarang harus berusaha buat bangun sendiri. Yang dulunya, bangun tinggal makan karena udah dimasakin nyokap, sekarang harus bangun lebih cepet buat masak sendiri. Yang dulunya sekeluarga ke pasar ramadhan buat beli takjil, sekarang berharap takjil dari mesjid. Dan yang dulunya buka puasa bareng keluarga, sekarang buka puasa bareng.. Raisa, di TV. 

Beberapa orang, mengatasi kesepian tersebut dengan (mencari) pacar yang menurut mereka sedikit banyak bisa ngeganti kasih sayang dan kebersamaan yang biasa mereka dapet dari keluarga. 
Beberapa lainnya, memutuskan buat ngabisin waktunya dengan hal-hal yang mereka cintai, misalnya ngumpul sama temen-temen, main game seharian, maraton nonton film, atau ngebangun candi prambanan.

Ya kalo menurut gue, selama itu hal positif yang ngga bikin dosa dan ngga berakibat buruk ke orang lain sih, oke-oke aja. Tapi, mumpung ini bulan ramadhan, yang setiap amal kebaikan bakalan dilipatgandakan, akan lebih baik kalo kalian ngelakuin hal-hal yang bermanfaat aja kaya sholat, mengaji, beribadah, belajar, dll.

Atau, buat kalian yang pengen mengisi waktu luang sambil rame-ramean, nambah temen, tapi bermanfaat dan berpahala juga, nah! kalian bisa ikutan berbagi rezeki dan kebahagiaan yang kalian punya di acara Berbagi Bersama Panti Jompo Uma Kandung dan Warga TPA Basirih yang bakal diadakan oleh Ikatan Nanang Galuh Kalimantan Selatan pada 24-25 Juni 2016 mendatang!

Nah, buat kalian yang berdomisili di Banjarmasin bisa langsung dateng aja ke acaranya.
Kan lumayan, selain punya temen baru, punya keluarga baru, disana kan bakal ketemu para Nanang-Galuh yang cakep-cakep pastinya, siapa tau ada yang nyangkut, jadi pacar baru deh. #eh

Nah, buat kalian yang berada di luar Banjarmasin tapi tetep pengen ikut ngebantu, kalian bisa Donasi via Rekening (Bank Kalsel) A.N Ikatan Nanang Galuh Kalsel 001.03.0104168.9



Ya, intinya sih, ngga semua hal terkait puasa sendiri sebagai mahasiswa di negeri orang itu menyakitkan. Emang sih, banyak hal yang biasa dilakuin bareng keluarga selama bulan puasa, sekarang terasa sepi karena harus dijalani sendiri. 
Tapi ya, dengan belajar untuk berpuasa di negeri orang sendiri, secara ngga langsung bakalan melatih diri juga untuk lebih mandiri. Terus, gara-gara kesepian puasa sendiri, kita juga bakal belajar bersosialisasi dan menanmbah teman baru, serta menambah kegiatan-kegiatan bermanfaat juga.

So, itu tadi curhatan sesat gue tentang ngejalanin puasa sendiri di negeri orang. Kalian punya curhatan juga? Share aja di komeng box~

Bagikan

Jangan lewatkan

Derita Ramadhan Mahasiswa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 comments

Tulis comments
avatar
21 June 2016 at 02:45

Gokil softselling buat acara amal. Jarang-jarang hahahaha.. Semoga sukses acaranya lah.. Kada meundang PBB jadi media partner kah nih? :p

Reply
avatar
21 June 2016 at 04:02

Udah diajakin si nyonya besar, pa. Kalo kada salah, si adi yang berangkat.

Reply
avatar
21 June 2016 at 05:46

kdd konfirm masih nuk. belum tau aku nya nah

Reply
avatar
21 June 2016 at 05:52

tahun semalam kyapa Ramadhan nya nuk? seorangan juga kalau sudah? . tapi Ramadhan tahun ini pasti ada aja kesan nya lo?
oh iih mun hndk kada sendirian di rmh. minta kawani valak nuk

Reply
avatar
21 June 2016 at 06:46

Broh, gue gak pernah ngerasaain kuliah di negeri orang, mungkin nanti S2 deh. Kali aja ada yang mau biayaain. :D

Tapi temen-temen gue dulu pada enjoy aja sih. Ente harus lebih terbiasa. Haha

Reply
avatar
26 June 2016 at 23:12

SENANG DEH KAMU BIKIN POSTING GINIAN

Reply
avatar
24 August 2016 at 02:13

keren,,,salut buat mas2 ini,,jossss

Reply

Jangan lupa ngomen ya, tapi ngomennya jangan di lampu merah, entar di Razia SatPol PP. Ciao!