Thursday 8 May 2014

FAN 2014 (Part 1)

Yahalo~
Akhirnya gue bisa ngepost lagi.
Sorry ya, gue sibuk banget soalnya. Serius. Ini aja baru balik dari pertemuan Forum Anak Nasional 2014 di Jakarta. Hehe hehe :)) #narsisdikitnggapapalah #okesip
Yah, tapi gapapalah. Walaupun cape dan sakit-sakitan. Demi kalian yang kangen postingan gue. Jadi gue nulis lagi. Baik banget kan gue? Yo'i :')  #padahalnggadayangkangen #biarkerenajasih
Oke kembali ke topik. Mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya, apaan tuh Forum Anak Nasional?
Ironis emang. Ketika Forum Anak itu dibikin untuk anak. Tapi malah anak sendiri masih banyak yang belum tau apa itu Forum Anak.
Jadi, intinya sih, Forum Anak itu adalah forum tempat partisipasi anak yang yah, pastinya beranggotakan Anak. Yang langsung dibina pemerintah. Jadi kalian bisa berpartisipasi, menyalurkan aspirasi, mengembangkan bakat, dll.
Seperti yang disebutkan dalam UU no. 23 thn 2002 tentang Perlindungan Anak, pasal 4 yang berbunyi: "Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi"  (#HasilGoogling #Heh)
So, istilahnya Forum Anak itu adalah tempat untuk perwujudan hak partisipasi anak. Yang tentunya terbuka bagi setiap anak. 
Nah, kalo Forum Anak Nasional sendiri, itu Forum Anak yang tarafnya seluruh Indonesia. Yo'i, Forum Anak itu juga ada tingkatannya. Dari paling kecil Forum Anak RT/kelurahan (di Kal-Sel belum ada), Forum Anak Daerah Kabupaten, Forum Anak Daerah Provinsi, sampe Forum Anak Nasional.
Anggotanya? Selama kalian seorang Anak (berusia dibawah 18 tahun) kalian semua anggotanya kok.
Yaudahlah, segitu dulu cukup penjelasannya. Sekarang gue mau cerita pengalaman gue di FAN 2014 nih.
Berawal dari pagi yang cerah dibulan april #ceileh.
Tepatnya hari selasa. Waktu itu pelajaran TIK, dan lagi ulangan.
Gue yang lagi asik ngerjain soal, tiba-tiba mendengar suara aneh dari pintu. Gue nengok. Gue ganteng. Gue terkejut.......... Ngga ada apa-apa. #lah
Oke serius.
Pas masih ngerjain ulangan. Tiba-tiba ada guru dateng, ngasih tau kalo gue dipanggil ke ruangan kepsek.
Sebagai makhluk yang normal, gue bahagia selamat dari ulangan. Dan sebagai makhluk polos rada lola, gue ikut aja tanpa tau mau diapain.
Sesampainya di kantor kepala sekolah. Gue mulai gelisah. Gue tiba-tiba sadar. Ngapain gue disini? Gue liat kiri-kanan, ngga ada orang. Ada yang ngga beres nih. Gue teriak "Siapa gue?? Siapa sepupu dari pamannya kucing tetangga gue?? Siapa??"
Bapanya melongo di pintu....
Gue mati di tempat......
Hahaha. Ngga kok. Gue ngga sebego itu.
Di kantor kepala sekolah, gue dikasih tau kalo gue ditunjuk oleh Dinas BPPPN buat jadi perwakilan Forum Anak Daerah Kabupaten Tabalong buat seleksi delegasi FAN dari Provinsi Kal-Sel. Uwoh bro! Uwoh!
Lanjut~
Dua hari kemudian, gue berangkat dari Tabalong ke Banjarmasin. Bareng Alfi (ketua FAD Tabalong(temen SD gue)) sama Yusiva (perwakilan FAD Tabalong lainnya).
Seleksinya diadain di kantor gubernur Banjarmasin. Keren bingitss bro. S-nya dua. Biar seger.
Disana kita bener-bener di seleksi. Dari tes tertulis, wawancara, tes bakat, diskusi, dll.
Nah, disana juga gue ketemu temen-temen keren dari bermacam kabupaten di Kal-Sel. Ada KaRizka, Kiki, Hilmi (Banjar), KaYash, Zaid (Tapin), Rasyid, Zola (HSU), Ridha, Rizky (Tanah Laut), Tirta, Bayu (Batola), Kisty, Edy (Kotabaru), Andry (Banjarbaru), Rayda (Banjarmasin),  Sarah (HST), Cindy (Balangan), Hafiz (HSS), dll. (Sorry ya yang ngga kesebut)
Kita baru kenal hari itu. Tapi udah akrab kaya udah kenal 1 hari. Keren kan? Yo'i. #okeskip
Nah, entah karena apa. Pengumuman kelulusannya dipercepat langsung hari itu juga, ya serentak kita kaget, kan belum nyembelih kambing sama nyiapin nasi tumpeng. #emangbuatapa
Nah, jadi waktu itu, sekitar jam 3. Kita disuruh ngumpul lagi.
Satu persatu nama yang lolos dibacain, dan alhamdulillah... GUE LOLOS KE JAKARTAA YEAAH *angkat golden ticket ke kamera* #okeskip
Btw, temen-temen yang lain yang lolos itu ada Rizki, Rasyid, Ridha, Bayu, Rayda, Andry, Sarah, Kisty, Cindy, Hafiz, sama Zaid.
Yo'i! Kita ke Jakarta bro!!
----
#tbc #bukantubercolosis #tapitobecontinue

Bagikan

Jangan lewatkan

FAN 2014 (Part 1)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Jangan lupa ngomen ya, tapi ngomennya jangan di lampu merah, entar di Razia SatPol PP. Ciao!