Saturday 26 November 2016

Akhir bulan tetep Makmur? Bareng MAMI aja.

Mahasiswa rantauan mana suaranyaaa~

Sebagai mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua, mengelola uang menjadi satu tugas berat yang mau ngga mau harus kita usahain setiap harinya. Dari kebutuhan buku-buku, alat tulis, sampai gaya hidup di kota bikin kita agak keteteran dalam memanajemen uang. Dan, hal ini juga yang bikin akhir bulan jadi musuh terbesar bagi para mahasiswa rantauan (selain kalimat "Maaf kita temenan aja". Yang itu juga mengerikan sih, tapi ngga semengerikan Akhir bulan)
Nah, kalo kita pikirin mateng-mateng, kadang sepanjang hidup kita ini juga sama kaya akhir bulan. "Ngehabisin yang ada sekarang, dan nantinya susah di masa depan"

Tapi, usut punya usut. Ternyata kita tetep bisa hidup enak di akhir bulan, dan bahkan di akhir hidup kita nanti loh. Ngga percaya?



Nungguin acaranya dimulai sambil nyapain temen-temen blogger lain
Cerita ini bermula ketika anak-anak dari Pena Blogger Banua diundang buat ngikutin Investalk Manulife di restoran Rempah Pelangi, Banjarmasin, Minggu, 19 november 2016 kemaren. Gue yang waktu itu sedang krisis akhir bulan pun ikutan meluncur dengan niat Lumayan bisa makan gratis di akhir bulan.

So, berangkatlah kita ke restoran tersebut sekitar pukul 12 siang. Dan setelah menunggu beberapa saat sambil modusin mba-mba SPG, muncullah sesosok MC cantik rupawan yang menyampaikan sebuah alunan kalimat indah yang berbunyi: "Jangan lupa untuk ngetwit tentang acara hari ini dengan hestek #KlikMAMI #sekarangaja ya, karna bakal ada hadiah untuk 3 orang pemenang". Mungkin, kalimat itu keliatan biasa aja di mata kalian, tapi sungguh berarti buat pemburu lomba livetwit yang sedang krisis akhir bulan.

Duh, indah banget... Infonya

Oke, balik lagi ke cerita tadi. Tanpa diduga-duga, sang MC cantik nan rupawan tadi kembali ke tempat duduknya, digantikan seorang laki-laki tinggi bertampang seram. Kita yang haus akan wajah rupawan pun pengen protes, tapi ternyata si cowotinggiserem tersebut adalah salah seorang Stand Up Comedian asal Kalimantan Selatan, Paris Fathiah.

Setelah Paris selesai membuka acaranya dengan lawakan-lawakan nyeleneh yang bikin ngakak, tiba-tiba entah darimana muncul sesosok bapak dengan wajah damai. Beliau adalah Bapak Putut Andanawarih Direktur Pengembangan Bisnis Manulife.
Nah, kemaren beliau ngejelasin tentang 3 Langkah Sadar Investasi (INSYAF, IRIT, INVEST).

Apaan tuh? Kuy gue jelasin.

Insyaf dan Sadar Diri

Bukan, insaf dan sadar diri disini bukan sadar diri bahwa dia ngga suka sama kalian. Bukan juga, insaf dan kembali ke jalan yang benar (yang ini bagus juga, sih). Insyaf dan sadar diri disini, adalah menyadari bahwa sebenernya nilai uang itu selalu menurun setiap tahunnya. Ngga percaya? Coba inget deh, dulu waktu SD kelas 2, gue cuman dikasih uang jajan Rp. 2.000,00 per harinya, dan itu udah cukup buat beli chiki-chiki ataupun teh hangat. Bahkan bisa juga beli nasi goreng sepiring + air putih. Sekarang? Rp. 2.000,00 cuman bisa beli teh hangat segelas. Atau permen kaki 6 biji. Dan gue juga yakin anak SD juga protes kalo dikasih segitu.
Nah, dengan bertambahnya usia, bertambah juga kebutuhan kita, ditambah nilai uang yang semakin turun, kita wajib untuk sadar dari sekarang dan bikin persiapan buat masa depan kita nanti.


Irit bukan berarti pelit

Ngerasa ngga sih? Hal yang paling cepet bikin kita mederita di akhir bulan adalah gaya hidup. Kita sering banget menggunakan uang yang sebenernya ngga perlu. Contoh paling gampang? Nraktir Pacar.

Sebungkus kopi, bisa kalian beli seharga Rp. 3.000,00 di warung kelontongan. Tapi sayangnya, kebanyakan orang indonesia lebih suka duduk manis manja di Kafe dan ngebayar Rp. 15.000,00 per cangkirnya. Belum lagi kalo sama pacar. 6 kali lipat, gaes. Yah, gue ngga bakal munafik. Gue juga termasuk jenis orang kaya gitu. Tapi ngerasa kan? Apa yang kita lihat sebagai gaya hidup justru bikin kita menderita dalam mengelola uang. So, mulailah ngirit dari sekarang. Caranya gampang banget, kalian bisa mulai dari hal-hal kecil seperti mutusin pacar kalian, mengurangi intensitas kalian makan di resto atau nongkrong di kafe. Ya, gue ngga nyaranin berenti sama sekali, cukup mengurangi, dan kalian bakal ngerasain bedanya.
Kalo kata Pak Putut sih, "Belilah hal yang kalian butuhkan, bukan inginkan"

Investasi

Gue nantang kalian, coba simpen Rp. 100.000,00 di bawah kasur kalian. Terus, ambil 30 tahun lagi. Kira-kira apa yang bisa kalian beli? Gue yakin, Rp. 100.000,00 kalian saat ini, 30 tahun lagi cuman cukup buat beli bakso segelas, iya saking sedikitnya dimasukin ke gelas.
So, cara apa sih yang paling pas buat nyimpen duit? Jawabannya ya investasi.
Tapi, yang salahnya dari orang Indonesia, kalo denger investasi kalian pasti mikir susah, takut, dan beresiko.
Nah, justru karena ini gue bakalan ngenalin kalian sama satu jenis investasi yang aman, ngga susah, dan beresiko rendah. Yang pastinya bakal ngejamin akhir bulan kalian dan bahkan masa depan kalian.



Pengen tau gimana biar hidup kalian aman berkelanjutan? Ya #KlikMAMI #sekarangaja!
Whahaha, bukan, mami disini bukan berarti gue nyaranin kalian buat jadi simpenan mami mami. MAMI disini merupakan Manulife Aset Manajemen Indonesia
Nah, jadi disana kalian bisa invest dengan Reksa Dana. Nah, buat yang belum tau, Reksa Dana itu sejenis wadah yang isinya berbagai macam investasi. Dari saham, pasar modal, dan masih banyak lagi.
Terus, kenapa gue rekomendasiin Reksa Dana Manulife, karna disana kalian bahkan bisa berinvestasi cuman dengan Rp. 100.000,00. Terus, disana juga felksibel banget, kalian bisa nambah, pindah jenis investasi, sampai ambil kapanpun kalian mau.

                                                                           

Setelah beliau ngejelasin tentang Reksa Dana dari Manulife, barulah kita memasuki season yang paling gue tunggu. Makan...

Wahaha, ngga, becandaaa. Intinya, gue seneng udah diundang di acara tersebut karena gue akhirnya makin tau dan makin sadar buat terus ngirit demi masa depan gue.

Foto bersama mba-mba SPG cantik
Oiya, dan satu kabar terakhir yang mesti dan wajib kalian tau... Gue menang lomba livetwit #halah


Bagikan

Jangan lewatkan

Akhir bulan tetep Makmur? Bareng MAMI aja.
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
27 February 2017 at 23:31

Seru Juga ia nih, boleh di coba dah ..

Reply

Jangan lupa ngomen ya, tapi ngomennya jangan di lampu merah, entar di Razia SatPol PP. Ciao!